Friday, June 15, 2012

Membuat Model Portal Dengan 3DS MAX

0

Tuttorial 3DS MAX baru.... akhirnya saya bisa membuat tuttorial modeling juga. Heuheu....
Ide dasar tuttorial ini adalah membuat rangka besi seperti pada menara dengan menggunakan box. Box dibuat tinggi dengan segment yang cukup banyak dan teratur. Kemudian box diatur agar hanya terlihat rangka/wireframenya saja menggunakan Modifier Lattice. Dengan menggunakan teknik ini, agan bisa membuat jaring, menara, atau rangka yang rumit sekalipun.

Saya membuat portal sederhana seperti ini:


Ok, langsung ke ltuttorial...

-Pada panel create > geometry > box dan atur agar box mirip seperti tiang. Atur length = 20, width = 20 dan height = 170. Perbanyak segment dengan mengatur Height Segs = 8 agar segment yang diperbanyak hanya ketinggiannya saja.


-Agar bentuk segment mirip rangka besi pada menara, kita akan menambahkan Modifier Tesselate. Klik panel Modify > Modifier List: Tesselate.


-pada parameter tesselate, atur operate on = ikon segiempat dan pilih Face center. Atur nilai Tension = 0.

-sekarang, klik lagi panel Modify > Modifier list: Lattice.

Pilih struts only from edges dan atur nilai radius = 1 dan aktifkan smooth. Jreng...... objek box pun sekarang sudah terlihat mirip menara karena terdiri dari rangka-rangka.

 -Copy objek menjadi dua. Tekan shift pada keyboard anda dan drag menggunakan move tool.


-Buat rangka lainnya untuk ditempatkan dibagian atas. Rangka inipun dibuat dari box dengan ukuran seperti ini:
Atur length = 20, width = 180 dan height = 50 dengan Width Segs = 5


-Sama seperti tiang, box inipun diberi Modifier Tesselate dan Lattice agar bentuknya seperti rangka juga.


-Atur posisinya seperti ini.


-Sekarang, kita akan membuat papan untuk nama. Pada panel Create > Geometry > Box  dengan parameter length = 5, width = 180 dan height = 50.
-Agar bentuk papan menarik, kita akan membentuknya supaya mempunyai bingkai. Ubah dulu box menjadi Editable Poly, caranya klik kanan objek > Convert to > Convert to editable poly.

-Pada panel Modify, klik tanda plus (+) dan pilih polygon. Seleksi polygon bagian depan dan klik tombol inset setting. Atur nilai inset amount = 3.


-Masih dengan polygon terseleksi, klik tombol extrude setting dan atur nilai Extrusion Height = -3.
 

-Matikan mode polygon dan atur posisi papan agar menempel pada rangka bagian atas. Sampai sini, bentuk portal sudah selesai. Tinggal memberi aksesorisnya....


-Saya memberi teks pada papan dengan nama “JURUSAN MULTIMEDIA”. Untuk membuat teks, klik panel Create > Shape > Text. Sesuaikan ukurannya pada nilai Size.


-Agar teks menjadi 3D , beri Modifier Extrude, pada panel Modify > Modifier List: Extrude.


-Tambahkan nilai Amount = 5. Semakin besar nilai, maka teks pun akan semakin tebal. Atur posisi teks hingga menempel pada papan.

-Selanjutnya, saya membuat box yang dibentuk seperti gambar dibawah. Untuk membentuknya, cukup bermain-main pada mode polygon dengan mengatur parameter Extrude, Bevel, dan Inset.


-Hasilnya, seperti ini (ditambah dengan teks keterangan berwarna putih).


-Agar lebih realistis, saya menambahkan plane dan box untuk jalan yang diberi material. Jangan lupa untuk menambahkan omni dibagian depan.


-Hasil akhir yang saya buat ditambah background langit.


Ya, semoga agan bisa membuat yang lebih bagus dari ini. Oya... untuk material rangka tiang, saya menggunakan diffuse hijau tua dengan specular tinggi. Semoga tuttorial ini bermanfaat dan teruslah berkarya...
Silahkan bertanya kalau ada yang kurang mengerti dan kalau agan punya karya bisa agan sertakan pada komentar. Ditunggu tanggapannya....

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting